Tuesday, February 14, 2012

Khitanan Massal

Pagi itu suasana di sekitar masjid Daarussalam kelihatan lengang,tapi ada yang berbeda pagi itu.H Syaiful Anwar dan beberapa orang terlihat sibuk mondar mandir..ya,pagi itu akan di adakan acara kirim doa.meminta agar acara sunatan massal yang akan di laksanakan bisa lancar,rencana hari itu panitia akan mengkhitan 26 anak..Haidar anakku pun aku ikutkan dalam sunatan massal tahun ini.
Sehari sebelumnya,mertua dan saudara-saudara dari kota blitar sudah banyak yang menginap di rumah..byuhh,seperti punya hajat beneran saja..sibuk mempersiapkan segala keperluan jamuan buat tamu..wkwkwkwkk,suatu yang tidak terduga dalam benakku sebelumnya..maksud hati ingin mengkhitan sang anak di bulan maulid tanpa banyak basa-basi..karena memang khitan kewajiban bagi setiap muslim.
Jam 06.15 acara bahalarat (selamatan)di mulai..aku pun masih mondar mandir kesana kemari entah apa yang aku urus waktu itu(wkwkwkk..kayak cacing kepanasan)telfon yang menyuruhku mengambil mobil Habib Muhammad Assegaf seperti membuat aku kayak orang sibuk,,haha.Untung aku masih bisa ikut acara meski sudah hampir doa.08.00 WIBB
Acara bahalarat sudah selesai..menunggu dokter datang
08.30 WIBB
Dokter sudah siap untuk mengkhitan.Draft anak yang di khitan segera di bacakan..Ahmad Haidar Alauddin Adnan di daftar pertama pemanggilan..aku bisa mendengar dari rumah umi yang tak jauh dari tempat acara..segera aku bergegas menuju masjid tapi aku lihat Haidar sudah di gandeng mertua,aku bisa agak lega.
Tapi apa yang terjadi,anak yang di khitan tidak berdasar draft pemanggilan..semua sudah berbaring di tempat yang di sediakan dan dokter sudah mengkhitan..walhasil haidar hanya berbaring menunggu ..antri choiiii..wkwkwkwkkk..

Aku dan mertua sibuk menutup pandangan haidar dari pemandangan khitan di sekitar..agar mentalnya tidak down..tapi dasar,,namanya juga anak-anak,kepala haidar sibuk celingak-celinguk penasaran dengan apa yang terjadi dengan rekan-rekannya..dia sibuk mengamati temannya yang di khitan di depannya,melihat darah keluar dari peserta yang di khitan raut wajahnya pun perlahan-lahan mulai berubah.Lama-lama aku mulai merasa geli juga melihat sang anak yang sering mengelus dadanya setiap melihat darah yang keluar dari peserta khitan yang lain.Ketika tiba giliran Haidar khitan,,sempat dia berujar sambil mengelus dada nya ''bah,,gak jadi khitan ya''waaahhhh..terlanjur dek..tekadku sudah bulat,anda menjual akupun membeli..dan tak bisa mundur lagi..ckaka..sementara mertuaku hanya diam mendengar celetukan Haidar.segera aku bopong Haidar ke tempat khitan..saat di rebahkan terdengar isak tangis..tangis sang anak makin keras ketika dokter mengelus kaki dengan maksud agar sang anak tenang..''haadddddoohhh attiitttt''padahal kaki di elus-elus..wkwkwkwk..sang dokter membisiki Haidar agar terus membaca BismiLlah berulang-ulang sambil mencari kesempatan untuk memasukkan injeksi bius lokal.
cuuusss..suntikan pertama berhasil di suntikkan dengan menggunakan lidocaine hcl..untuk injeksi.seharusnya dari sini proses selanjutnya tidak akan terasa sakit,karena bius sudah mulai masuk,apalagi setelah injeksi kedua dan selanjutnya..tapi namanya juga anak..terlanjur mentalnya turun..tetap saja Haidar berteriak-teriak ''BismiLlaaahh..Sakiiiiitt..haddoooohh..Allaahu Akbar''kencang dan nyaring..membuat beberapa panitia tertawa melihatnya.Kulup zakar sudah terpotong..dokter menggunakan plaincatgut 3,5 metric produk onemed untuk menjahit bekas luka dan merapikan hasil khitan..agar nanti kulit tidak kembali naik yang bisa mengakibatkan di khitan ulang.Alkohol 95% dan Povidon iodin larutan anseptik anti luka di gunakan untuk membersihkan darah bekas luka agar tidak terjadi infeksi.Perlahan tapi pasti..proses khitanpun selesai.Kasa hidrophile mulai di balutkan..pertanda proses khitan selesai.Segera aku angkat Haidar dari tempat khitan,,baru aku angkat kasa sudah lepas..aku biarkan saja..aku berfikir daripada nanti ketika luka mengering sang anak berteriak-teriak ketika kasa di lepas,,mending aku biarkan kasa terlepas..toh nanti darah yang mengucur akan mampat dengan sendirinya.Aku bopong haidar dengan masih saja berteriak-teriak ''haddoohhhh...sakiiiitttt...gak jadi sunaaaattt,,atiiiitttt''
Khitan,,pembelajaran bagi anak bahwasannya khitan wajib bagi setiap muslim,karena khitan membersihkan kemaluan dari kotoran yang keluar.Dan Islam mewajibkan muslim untuk memelihara kebersihan.Karena setiap ibadah yang di lakukan tak lepas dari kebersihan..Kebersihan Sebagian Dari iman
dapucipe

No comments:

Post a Comment