Sunday, December 25, 2011

Cerpen : Hati Yang Kapalan part3

# Ku coba ungkap tabir ini....kisah antara kau dan
aku, terpisahkan ruang dan waktu... Menyudutkanmu...meninggalkanku... Ku merasa telah kehilangan, cintamu yang telah lama
hilang, kau pergi jauh karena salahku..yang tak
pernah menganggap kamu ada... # Song
KEHILANGAN by Firman Dahlia kembali mengusap butiran airmata yang tidak
bisa dia tahan, kelihatan cengeng banget , halooo
Dahlia cantiik..Wake up!! masih banyak pilihan lelaki
bujang diluar sana...hentikan rasamu pada
Susetyo..lelaki beristri yang menurutku tidak bijak
cara menyikapi masalahnya, begitu ketahuan istrinya , sembunyi seperti tik### got!!
bahhhh..ndak gentle blass!!!! ( eh aku kok jadi
ikutan emosi ya??? heheheheh sorry
pembaca.....merasa sesama wanita ...jadi ikutan
terbawa suasana...) " Tahu nda mba, yang paling membuat ku terluka,
disaat mendekati hari valentine, kami selama 3 hari
menginap dihotel, jumat-minggu memadu kasih
dengan sepenuh hati, rasanya bahagia banget, lalu
senin pagi, begitu aku masuk ruang kerjaku, Bos
memanggilku , dan surat SP sudah beliau ditunjukan di depan hidungku, pelanggaran berat karena
atitude ku, rupanya istri Susetyo melaporkan ku
pada atasanku dengan membawa bukti print
percakapan telp dan sms kami, aku langsung syok!!!
apa2 an ini, harusnya Susetyo menceritakan jauh-
jauh hari bila pernikahan diam-diam kami ini sudah tercium istrinya, mestinya istrinya sudah ribut besar
dengan minta konfirmasi pada Susetyo....lha ini
ndak...Susetyo tenang-tenang aja, apa artinya kita
menginap 3 malam di hotel kemarin?? aku kan jadi
ndak siap, aku hanya menangis didepan Bosku,
meminta maaf dan berjanji untuk tidak melanjutkan hubungan dengan Susetyo, kalo seandainya aku
tidak mengingat karier saudaraku yang lebih duluan
kerja di perusahaan ini, aku akan berontak dan
tunjukan pada Bos ,bahwa aku bukan wanita usil ,
aku adalah istri kedua Susetyo, dan permasalahan ini
tidak perlu campur tangan dengan perusahaan aku bekerja..." Airmatanya merembes tak
terbendung, Dahlia mengambil tissue yang ada
dimeja kerjaku. Aku tercekat, salah siapa kalo sudah seperti ini???
harusnya Susetyo bisa melindungi Dahlia, karena
apapun juga , yang mengejar dan meminta Dahlia
menjadi istri keduanya adalah Susetyo, hemmmm
lelaki kalo sudah terjepit emang mirip
kam### ...menyebalkan!!!!!!maunya enaknya doang...buntutnya...tetap wanita yang jadi korban
grgrhrhrhrhr!!! " Dan yang lebih membuat aku merasa di rendahkan,
aku telp Susetyo untuk mengklarifikasi masalah
ini..apa jawaban Susetyo?? TIDAK mungkin istriku
bersikap seperti ini, karena dia yakin istrinya tidak
mengetahui hubungan kami, aku makin muntap
mba....aku tunjukin bukti-bukti yang ada, dan setelah itu..HP dan BB Susetyo mati. Dia seperti lenyap
di telan bumi, meninggalkan aku dalam
kebingungan...kesedihan..dan luka yang menganga
sangat lebar... Hingga beberapa hari kemudian, pagi-
pagi banget, Istri Susetyo menelphonku....Dia bilang
suaminya mau bicara..tahu apa yang di omongkan Susetyo padaku??? catat ini ya mba...dengan tulisan
yang besar: "JANGAN HUBUNGI AKU LAGI!!! AKU
TIDAK KENAL DENGANMU...!!" . " Waktu mendengar suara dingin dan bentakan dari
Susetyo di tlp, aku langsung pingsan, rasanya sakiiit
buanget mba..aku terluka dan sangat terhina!! Lalu
apa artinya kebersamaan selama 3 tahun???dengan
hari-hari yang memabukkan... semua tidak berarti!!!
begitu aku siuman, aku langsung eling dan berusaha tegar, aku harus tetap berangkat
kekantor, aku tulang punggung keluarga, siapa
yang akan menghidupi orang tuaku dan saudaraku
bila aku tidak bekerja?? karena Susetyo telah
mencampakkan aku!!.... seharian aku menangis di
ruang kerjaku, tissue satu kotak ludes untuk mengusap air mataku yang tak kunjung berhenti." Ck..ck..ck.... aku berguman dalam hati, oalahhhh
nasib wanita ya gini ini, siapa suruh jadi istri ke dua
yang cuman sekedar nikah sirri?? bukankah
pelajaran berharga dari pernikahan pertama Dahlia
dengan Pejabat sudah cukup?? tapi aku kembali
teringat tentang sosok 'negatif' yang sudah bercokol di tubuh Dahlia...yang memang punya syarat , selama
sosok itu ikut Dahlia...tidak akan ada yang namanya
pernikahan syah yang dilegalkan....Dahlia hanya
akan jadi cinta bayang-bayang..seumur hidupnya... Dahlia yang dalam kondisi labil, akhirnya merasa
nyaman berteman dengan sosok pria gagah dan
mapan, seorang Lowyer yang namanya cukup di
kenal di Jakarta. Lelaki ini memberikan suport yang
positif, siraman rohani dia berikan pada Dahlia.
Lambat laun Hati Dahlia terbuka...belajar melupakan cintanya pada Susetyo dan membuka diri dan
hatinya pada Herlambang, sosok lowyer yang
diusianya 40 tahun , masih membujang. Alah bisa karena terbiasa..mungkin itu pepatah yang
lazim kita dengar...karena wanita semacam Dahlia
memang tidak mudah untuk jatuh cinta, tapi kalo
dijatuhi cinta para lelaki....udah ndak kehitung, dan
dia hanya hadapi dengan senyum dan sabar... bagi
Dahlia.. Cinta adalah nomer satu, bukan materi. Apalagi Herlambang adalah bujang, sekaligus
mapan. Omongan dia selalu big money, kasus-kasus
yang dia kerjakan nilainya milyaran, secara fisik juga
ok, apalagi yang perlu dijadikan pertimbangan???
Dahlia benar- benar menfokuskan diri pada lelaki ini.
Rasanya apapun keinginan lelaki ini akan dia turuti, umpamanya disuruh jalan jinjit pun akan dia lakoni...
asal bisa menikah dengan Herlambang, bisa
menunjukkan legalitas bahwa dia wanita yang
menikah syah..sekaligus mematahkan kalo bisa
mengeluarkan sosok'negatif' yang terlanjur dia
terima dari simbah putrinya, disaat umurnya masih 13 tahun. " Kita udah dewasa mba, pacaran dengan
Herlambang membuatku terseret pada perbuatan
yang selama ini kujauhi, sex pra nikah!! yang
sebenarnya nda ada dikamusku..tapi aku ingin
Herlambang terikat padaku, apapun maunya
kuturuti...dan aku jadi mengerti, dia bukan lelaki kemarin sore dalam hal yang begituan. Aku
berusaha memberikan servis yang terbaik, all out!!
kalo ada acara keluarganya di Jakarta, aku akan
berusaha hadir dengan naik pesawat terpagi, dan
bolos kerja. Seperti peristiwa om nya sakit ,dan harus
dioperasi , aku tiba-tiba datang aja di rumah sakit di Jakarta, sampai orang tua , tante dan adiknya sayang
banget sama aku, dan berharap akulah wanita
pendamping Herlambang yang menurut
keluarganya masih enggan untuk berkomitmen." Aku jadi tersenyum, ingat juga cerita itu pada
beberapa bulan yang lalu, Dahlia pernah berkunjung
ditempat kerjaku, wajahnya kelihatan berbinar
waktu itu, dia bilang kalo Herlambang serius, dia
sudah dikenalkan dengan keluarga besar lelaki itu di
Jakarta....malah sudah mempersiapkan gaun pengantin, dan Dahlia sendiri yang mendesainnya...
semua sudah terancang dengan lengkap dan
indah...tinggal menunggu bulan baik, ahh
Dahlia...aku masih ingat senyum dan ronamu
beberapa bulan yang lalu.. " Semakin kami dekat, aku merasa ganjil dengan
sikap Herlambang, dia bisa tidak mengangkat telp
dan bbm ku selama 2-3 hari. Kalo Herlambang itu
punya keluarga, aku akan mengerti, tapi dia kan
bujang mba...dan setelah dia bisa kuhubungi, tau
nda ..alasannya apa?? maaf Hp dan BB lagi error atau hang, jadi nda bisa menerima atau telp keluar.
Haloooo apa selama 3 hari dia juga tidak menerima
telp klien nya?? apa selama itu dia nda kerja??
padahal selama ini yang dia bilang adalah Big
money, proyek gede, sibuk banget !! maaf ya
mba...Herlambang selama berpacaran denganku tidak pernah memberiku hadiah apapun!! beda
banget dengan Susetyo yang waktu itu
mengejarku...dan aku tidak mempermasalahkan itu,
karena Herlambang bujang...dan aku berjuang tuk
sabar menghadapinya, satu lagi dia ternyata
temperamental, mudah sekali emosi dan meledak, bisa memakiku dengan kata-kata kasar dan kotor!!
berpacaran dengannya aku bisa ikutan terpancing,
kami saling berteriak, saling memaki dan bisa saling
diam berhari-hari.., aku juga mulai meyelidiki masa
lalu Herlambang, lewat keponakannya, aku jadi tahu
sudah berapa banyak mantannya, dan yang membuat aku cemburu, selama dia pacaran
denganku, ternyata dia juga menjalin hubungan
dengan seorang janda yang sudah beranak satu,
dan janda itu melabrakku, mengatakan aku perebut
pacar orang. Aku hadapi janda itu dengan sikap
tenang, status dia bukan istri, hanya pacar, apa bedanya denganku?? tinggal Herlambang yang akan
tentukan..pilih janda itu atau pilih aku...!! aku bukan
wanita kemarin sore, meskipun janda itu berkoar-
koar bahwa selama di Jakarta, dia sering
menghabiskan waktu bersama , aku tetap bersikap
santai..meskipun aku cemburu luar biasa, malah ku add pin BBnya, penting bagiku untuk mengenal
Herlambang dari wanita- wanita yang mengaku
pernah dekat dengannya, justru dari janda itu aku
jadi tahu, kalo Herlambang bilang aku hari ini mau
ketempat ini, dan tidak bisa diganggu beberapa jam,
ternyata...dia justru 'asyik' dengan janda itu di sebuah hotel. Banyak hal keganjilan yang selalu di
mentahkan oleh Herlambang, aku hanya diam dan
sabar...karena orang tua Herlambang sudah
melamarku dan pernikahan kami tinggal satu bulan
lagi...apapun kelakuan Herlambang akan
kumaafkan, yang penting aku bisa menikah resmi." " Sorry aku tanya, selama kamu berhubungan
dengan Herlambang, apakah Susetyo tidak mencoba
menghubungimu lagi?? kan kalian satu kota...?
"tanyaku dengan polosnya ( padahal penasaran
banget, karena kalo kunilai kisah cinta Susetyo
dengan Dahlia sangat indah dan serasi...masak bisa terputus begitu saja..inikan masalah hati??
hehehehe) " Beberapa kali Susetyo mencoba menghubungiku,
aku selalu matikan telp, sampai dia ganti nomer dan
begitu kuangkat dan mengenal suaranya, dia
memohon jangan dimatikan, aku dengan sewot
berkata padanya..Hai..aku bukan istrimu lagi!! kalo
sekedar pingin dengar suaraku, tranfers 10 juta di rekeningku, baru boleh ngobrol denganku, dan
lelaki itu benar-benar nekad mentransfer uang
sejumlah itu. Dia minta maaf...karena telah bersikap
tidak gentle, karena waktu itu istrinya mengancam
akan memidanakan aku dengan pasal pernikahan
sirii tanpa ijin , Susetyo berusaha melindungi aku ,hingga dia memutuskan hubungan kami
sepihak, yang menurutku sangat menyakitkan."
Dahlia menghela nafas panjang. " Tapi apa gunanya mba?? aku sudah tidak mau
menengok kebelakang...Susetyo masa lalu,
meskipun aku masih mencintainya dan merasa kalo hanya Susetyo yang
bisa mengerti aku, bisa saling mengisi, tapi dia milik
orang...aku harus fokus pada Herlambang...sudah
terlalu jauh aku melangkah..dan aku harus
memenangkan 'pertarungan' ini, bisa membawa
Herlambang ke altar pernikahan....hal yang selama ini ku mimpikan. Aku hanya jalin pertemanan yang baik dengan
Susetyo, lelaki itu tetap memantau aku dari jauh,
meskipun aku sudah menghindarinya, bersikap
judes padanya..dan kulihat , berpisah denganku
membuatnya tidak makin baik, malah dengan
terang-terangan dia bilang padaku kalo dia sekarang 'ngopeni' mahasiswi yang cantik 2- 3
sekaligus...malah makin 'edan', padahal selama
denganku, dia hanya bersamaku.... dalam hati aku
tertawa mengejek pada istri syahnya mba... halooo
istri syah Tuan Susetyo...apakah suamimu makin baik
kelakuannya??? " Dahlia tersenyum penuh kemenangan, sakit hatinya terhadap istri syah
Susetyo seakan terbalaskan. Sepertinya Susetyo hanya cari pelampiasan yaaa...lha
ngapain sampek segitu' parahnya' dan masih tetap
ingin bisa komunikasi denganmu, mungkin cinta
Susetyo padamu tak pernah padam..Aku mencoba
menyimpulkan. Karena setiap kali Dahlia curhat
tentang lelaki yang mendekatinya, terutama hubungannya yang putus -sambung dengan
Herlambang, Susetyo langsung tanggap,
memberikan solusi dan bersedia meluangkan waktu
untuk mendengar tangisan, celoteh dahlia,
kapanpun..dimanapun. Termasuk waktu Hubungan
Dahlia dan Herlambang sempat benar- benar putus selama 3 bulan, dan Dahlia menjalin hubungan
dengan seorang duda beranak 2, yang begitu baik,
sayang, sopan tidak mau ada sex pra nikah...tapi
sayangnya satu, bila bersedia menikah dengan duda
ini, Dahlia harus siap untuk tidak bisa komunikasi
dengannya, karena kerjaan duda ini adalah Intel Negara...dan Dahlia belum siap bersuamikan pria
seperti itu....Uniknya, Disaat Dahlia mengalami
kebimbangan, Herlambang kembali
datang ...menghujani dengan perhatian...permintaan
maaf dan Dahliapun bersedia menjalin hubungan
yang sudah putus selama 3 bulan tersebut...kembali jalani sex pra nikah...dan Herlambang terus
menunda-nunda kepastian pernikahan mereka. Puncak kemelut hubungan Dahlia dan Herlambang
terjadi sore ini, mereka merencanakan weekend di
pulau Kuta di sebuah hotel mewah, tapi apa yang
terjadi??? " Hiks...mas Susetyo...." Dahlia mencoba
menghubungi Susetyo via HP. Begitu mendengar
isyak tangis Dahlia, Susetyo langsung kaget. " Ada apa Dahlia?? kamu sekarang dimana???" Suara
panik Susetyo sangat kentara. Dan Dahlia bilang kalo
sekarang sendirian, di tinggal pergi Herlambang
yang langsung menuju ke Jakarta, karena mereka
ribut besar. Sore itu juga, Susetyo langsung menuju
ke bandara , terbang ke Bali, menemui Dahlia. Begitu melihat Dahlia , Susetyo kaget banget, hingga
rasanya dia tidak mengenalinya lagi..inikah Dahlia
yang dulu begitu mempesona??? karena yang ada
didepannya adalah wanita yang begitu kurus,
kusam, tidak bercahaya lagi... hatinya langsung
tersentuh..duh..mantan istriku yang tetap kucintai...begitu sengsarakah hidupmu??? " Apa-apan ini Dahlia, kamu seperti tengkorak hidup,
ayoo..kamu kan suka steak dan red wine kan, kamu
harus makan yang banyak, akan kupesankan steak
terlezat serta wine termahal di hotel ini.. " Susetyo
langsung memesan makanan kesukaan Dahlia.
Begitu pesanan datang, dia suapi Dahlia dengan penuh kelembutan.. airmata Dahlia makin tidak
terbendung...dia kunyah potongan daging yang
disuapkan Susetyo dengan susah payah... " Sudah ku bilang... ndak usah kembali jalin
hubungan dengan Herlambang, kamu ngerti ndak
sih?? laki-laki mapan, kalo sudah 40 tahun betah
membujang, itu cuman ada 2 alasan, yang pertama
'Bajingan' karena tidak suka komitmen, yang kedua
'Sakit' alias bisex... nah ..gini ini kalo ndak mau nurut ama aku, mending kamu nikah ama duda intel itu,
aku lebih bahagia, kalo sama
Herlambang....grrrhrhrhrrh lelaki itu sampai
membuatmu menderita lahir batin seperti ini...aku
nda suka dan tidak rela Dahlia...kamu dengar???"
Susetyo terus menyuapi potongan steak sambil nyerocos mengeluarkan uneg-unegnya. " Aku ngerti mas...tapi aku ingin menikah resmi,
ternyata Herlambang lelaki 'kejam' dia menjalin
hubungan dengan beberapa wanita sekaligus,
saking sakit hatiku, disaat kami tadi ' berhubungan'
aku sudah tidak fokus padanya, malah berkali-kali
menyebut namamu mas Susetyo..membuat Herlambang murka, dan memukulku serta cabut dari
hotel ini..hiks...aku benci ama dia mas...aku cinta
kamuuuu...aku hanya bisa melakukan nya bila
membayangkan kamu mas...hiks..hiks.." Dahlia mulai
tidak terkontrol, dua gelas red wine sudah masuk
kemulutnya...seperti biasa..kalo sudah mabuk..Dahlia hanya menangis..terus menangis...sampai tertidur. Susetya hanya tercenung. Dia Bopong tubuh kurus
mantan istrinya pada tempat tidur, dia selimuti , dan
ditatapnya wajah mantan istrinya dengan penuh
kasih sayang...hatinya berkecamuk...rasa
bersalah..cinta...tak perdaya..membuat lelaki ini
meneteskan airmata...dan suara music dikamar itu mengalun pelan...makin mengiris hatinya...lagu
"KEHILANGAN" dari firman... ...Ku merasa telah kehilangan..., cintamu yang tlah
lama hilang.. Kau pergi jauh karena salahku...yang tak pernah
menganggap kamu ada.... ...Asmara, mengisahkan kita...,mengingatkanku pada
dirimu... ...Gelora .., mengingatkanku.. bahwa cintamu telah
merasuk jantungku.... Sejujurnya..kutak bisa, hidup tanpa ada kamu aku
gila!!! Seandainya...kamu bisa, mengulang kembali lagi.
cinta kita!! Tak akan kusia-siakan kamu lagi.....

Penulis: Nurul Fadliati Ghoat
wallrush

No comments:

Post a Comment